SMPIT NURUL ISLAM TENGARAN

Integrated Islamic Boarding School

Gelar Nuris Fair, Angkat Permainan Tradisional

Kab. Semarang - Nurul Islam Fair, agenda rutin tahunan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Islam Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Pondok Pesantren Sabilul Khoirot Tengaran Kabupaten Semarang ini digelar tiap akhir semester ganjil.

Kegiatan yang berupa perlombaan antar kelas ini, dimaksudkan sebagai bentuk refreshing santri usai menyelesaikan Ulangan Akhir Semester (UAS). Tahun 2016 ini Nuris Fair berlangsung selama empat hari, yang telah dimulai pada Senin, 12 Desember lalu.Dalam Nuris Fair kali ini, panitia menyuguhkan konsep permainan tradisional dalam setiap perlombaan yang diselenggarakan. Sebut saja egrang, gobak sodor, bakiak, batok kelapa, congklak dan balap karung. Adapun lomba lainnya yaitu bola voli, tenis meja, perang air, kaligrafi, rubik, Musabaqah Tilawatul Qur’an (MTQ), cerdas cermat, catur, Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan sepak bola.

Wakil Kepala Urusan Kesiswaan, Rendy Pamungkas mengungkapkan, “Dengan mengambil tema Read Your Past to Write Your Future, panitia berharap para santri belajar bersosialisasi, mengolah raga, mengolah rasa, mengembangkan kreativitas, strategi, kerja sama dan mampu mengolah emosi melalui lomba permainan tradisional”.

Ditambahkan, adanya perkembangan teknologi seperti internet dan gadget yang mudah dimiliki oleh anak-anak, menjadikan mereka cenderung memilih berdiam di rumah dan bermain game di komputer daripada bermain di luar bersama teman seumurannya. Berbeda dengan permainan tradisional, gobak sodor misalnya, permainan ini mampu menggugah anak untuk mengolah raga, mengolah rasa, mengembangkan strategi, kerja sama dan mampu mengolah emosi bersama teman sepermainannya, sayangnya permainan tradisional kini semakin ditinggalkan.

Usai dibuka pada Senin (12/12) lalu oleh Kepala SMPIT Nurul Islam, Sunarto, S.Ag, Nuris Fair 2016 akan berlangsung sampai Kamis (15/12) ditutup dengan Market Day dan Sains Expo. Kegiatan berlangsung di komplek sekolah dan asrama SMPIT Nurul Islam, Dusun Kaligandu Desa Klero Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang.