SMPIT NURUL ISLAM TENGARAN

Integrated Islamic Boarding School

Hari Ini, Digelar Ujian Seleksi Gelombang ke-1 Calon Siswa Baru

SMPIT Nurul Islam Tengaran -- Hari ini Ahad (5/2) digelar ujian seleksi bagi para calon peserta didik baru SMPIT Nurul Islam Tengaran tahun pelajaran 2017/2018. Ujian terbagi menjadi beberapa rangkaian : tes akademik, tes Al Qur'an, wawancara siswa dan wawancara orangtua/wali siswa.


Pagi hari telah terlihat ramai kendaraan bermotor berlalu lalang di kompleks sekolah, baik roda dua maupun empat. Karena pukul 08.00 WIB dijadwalkan ujian dimulai. Peserta yang berasal dari berbagai daerah memang diharuskan datang mengikuti ujian seleksi yang akan menjadi penentu diterimanya seorang calon siswa menjadi siswa. Ada yang berasal dari luar Jawa Tengah, bahkan dari luar pulau Jawa. Tercatat ada pendaftar yang berasal dari propinsi Nanggroe Aceh Darussalam dari bagian barat negeri ini. Yang bagian timur bahkan ada yang berasal dari Papua.


Ujian Seleksi  Penerimaan Peserta Didik Baru gelombang ke-1 ini diikuti oleh sekitar 180 calon siswa baru. Pukul 08.00 mereka mulai masuk ke ruangan yang telah ditentukan bagi masing-masing mereka. Diawali mengerjakan tes akademik yang berisi soal berupa materi Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Pukul 10.00 para peserta dipersilakan keluar ruangan kemudian dilanjutkan mengikuti ujian Al Qur'an dan wawancara. Para peserta maju satu per satu sesuai nomor urut pendaftaran. Di hadapan penguji Al Qur'an, peserta menyetorkan bacaan surat Al Muzzammil. Selesai itu peserta beralih menuju meja wawancara untuk diberikan pertanyaan-pertanyaan seputar kesiapan mereka menempuh belajar baik di sekolah maupun asrama. Sedang para orangtua atau wali sejak pukul 08.00 telah antri menunggu giliran wawancara di ruangan masing-masing.


Sekitar waktu dhuhur atau lebih dari itu, para peserta terlihat telah menyelesaikan seluruh prosesi yang harus mereka lalui. Selanjutnya mereka diperbolehkan pulang kembali ke rumah dan menanti pengumuman hasil ujian yang akan dipublikasikan nanti pada 22 Februari 2017 lewat halaman PPDB Online. Klik. (red/umar)