SMPIT NURUL ISLAM TENGARAN

Integrated Islamic Boarding School

Inaugurasi Pengurus OPNI/OSIS SMPIT-MA Nurul Islam Tengaran 2017


Kab. Semarang -- Reorganisasi adalah suatu keniscayaan dalam sebuah organisasi. Tanpanya, tak akan ada pewarisan. Sedang aktif dalam organisasi, adalah nyala kehidupan bagi para santri di pesantren.


Sebagai lembaga pendidikan yang moderen, SMPIT-MA Nurul Islam Tengaran terus menghidupkan roda organisasi, selain bertujuan membantu menggerakkan sistem dan turut menyelesaikan problematika pesantren, para santri juga akan mendapatkan skill kepemimpinan yang akan nyata berguna bagi mereka saat dewasa kelak. Nama organisasi ini mengambil akronim *OPNI _(Organisasi Pelajar Nurul Islam)_* beranggotakan para santri yang tiap tahun terus digilir kepengurusannya kepada generasi selanjutnya. Momentum pergantian kepengurusan ini biasa digelar bertepatan dengan momentum lahirnya Republik Indonesia.


Setelah melalui pemilihan umum calon ketua OPNI masa bakti 2017/2017 yang digelar pada Kamis (17/8), menghasilkan satu nama ketua organisasi terpilih. Setelah itu melalui proses penjaringan dan seleksi, disusun kepengurusan yang terdiri dari pengurus harian dan beberapa divisi.


Hari Sabtu ini (26/8) adalah saat Inaugurasi/Pelantikan seluruh pengurus terpilih. Dengan tema agenda Reorganisasi dan Pelantikan Pengurus OPNI Masa Bakti 2017/2018, seluruh guru pagi dan musyrif bersama seluruh santri menghadiri agenda yang dimulai sejak pagi hingga siang hari.


Setelah pembukaan dan sambutan dari ketua panitia, Mr. Kafi, disampaikan Laporan Pertanggungjawaban dari Ketua OPNI masa bakti 2016/2017 dilanjutkan serah terima jabatan dari ketua domisioner kepada ketua baru terpilih.


Berikutnya tiba giliran pelantikan seluruh pengurus, dengan dibacakan nama satu per satu oleh MC, para pengurus berbaris di atas panggung untuk selanjutnya mengucapkan ikrar amanah bersama-sama.


Ketua terpilih adalah sebagai berikut,


MA :

Putra >> Hasan Al Banna

Putri  >> Aisyah Qurrota A'yun


SMPIT :

Putra >> M. Faiz Zuhdi

Putri  >> Nurarini Asyifa Az-Zahra


Dengan keseluruhan pengurus harian dan divisi sebagai berikut :

- Sekretaris

- Bendahara

1. Divisi Ketakmiran

2. Divisi Bahasa

3. Divisi Keamanan & Ketertiban

4. Divisi Kebersihan & Lingkup

5. Divisi Kesenian & Humas

6. Divisi Olahraga


Ustadz Muh. Sa'dullah selaku Direktur Pesantren menyampaikan pesan dalam sambutannya tentang pentingnya 4 G dalam berorganisasi, yaitu Good Management, Good Plan, Good Execution, and Good Evaluation.


"Seorang penuntut ilmu hendaknya mengembara, bersafar, berpetualang, bepergian jauh. Ia akan menemukan ganti apa yang telah ia tinggalkan. Pesantren inilah tempat pengembaraan para penuntut ilmu. Seorang penuntut ilmu yang beradab, selayaknya selalu membaca. Bila ditinggalkan, maka ia akan memperoleh khusronun mubin, kerugian yang sangat nyata", demikian pesan dalam taujih yang disampaikan oleh Ustadz Lutfi Chakim, Lc. setelah pelantikan.


Acara ditutup dengan doa yang dilantunkan oleh Ustadz As'ad Mahmud, Lc. Semoga yang telah menerima amanah mampu menjalankannya dengan baik atas bimbingan Allah SWT. (humas/umar)