SMPIT NURUL ISLAM TENGARAN

Integrated Islamic Boarding School

Luar Biasa, Dalam Setahun Adnan Khatamkan Hafalan Al Qur'an 30 Juz

SMPIT Nurul Islam Tengaran -- Al Qur'an itu mudah dihafal. Buktinya, banyak yang mampu menghafalnya dalam waktu yang terbilang singkat. Bahkan oleh orang lanjut usia pun, Al Qur'an tetap terbuka peluang untuk mudah dihafal. Tentu, dengan proses perjuangan yang tak ringan. Baik proses membetulkan makhraj, tajwid, menghayati makna, hingga menghafalnya. Dan memuraja'ahnya.


Belajar menghafal Al Qur'an harus melalui proses talaqqi dengan guru. Jika tidak, akan banyak kesalahan yang justru menjerumuskannya pada kerusakan bacaan, bahkan berujung mengubah makna. Pun, seorang guru akan menjaga kontinyuitas proses menghafal. Karena banyak orang yang ingin hafal Al Qur'an tapi berhenti di tengah jalan karena semangatnya telah pudar ditelan zaman dan kesibukan.


M. Adnan Putro Waseso, santri kelas 8 yang berasal dari Demak ini mengikuti Program Tahfizh Khusus di SMPIT Nurul Islam Tengaran. Sejak kelas 7 ia telah terlihat talentanya dalam tahfizh. Di bawah asihan Ustadz Ashim Abdulloh (Aslim Taslam), tak dinyana ternyata Adnan mampu selesaikan hafalan 30 juz Al Qur'an dalam waktu setahun kurang sedikit. Hari Sabtu, 4 November 2017 menjadi hari yang paling membahagiakan buat kedua orangtuanya. Apalagi kalau bukan akan mendapatkan mahkota cahaya di hari akhir nanti. Siang itu, kedua orangtua Adnan turut membersamai proses khataman hafalannya bertempat di Masjid Al Furqon. Momen tersebut diabadikan dengan disaksikannya proses setoran hafalan terakhir dengan posisi duduk di hadapan Ustadz Ashim. Setelahnya Ustadz Ashim memanjatkan doa khatam Al Qur'an diiring dengan doa keberkahan untuk Adnan beserta keluarganya.


Selamat atas perjuangan Ustadz Ashim mendidik Adnan dengan sepenuh perjuangan. Karena menjadi penghafal Al Qur'an akan menempatkan kita menjadi keluarga Allah dan orang yang diistimewakan oleh-Nya. Semoga kita beserta keturunan menjadi bagian dari Ahlul Qur'an. Aamiin. (Humas/Umar)