SMPIT NURUL ISLAM TENGARAN

Integrated Islamic Boarding School

Rekor, Hafizh Qur'an 30 Juz Pertama Siswa SMPIT Nurul Islam Tengaran

INI BARU SATU TAPAK

@marsya


Bismillah.


Dengan izin Allah, seorang santri kita kelas 9 SMPIT Nurul Islam Tengaran, Hakam Arham T. P., telah menunaikan cita-citanya menyelesaikan hafalan Al Qur'an 30 juz. Pagi tadi Rabu, 23 November 2016.


Dua tahun lalu Oktober 2014 ia memulai hafalan dengan bekal satu juz dari SD nya. Kini ia sempurnakan hingga menempatkan dirinya pada salah seorang yang akan mengemban amanah sebagai Hamalatul Qur'an. Amanah yang jika ia menjaganya maka akan menjadi syafaat bagi dirinya, juga kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota cahaya di akhirat kelak.


Sekaligus meneguhkan rekor pertama yang mampu ditorehkan oleh santri SMPIT Nurul Islam Tengaran dalam pencapaian tahfizh Al Qur'an. Setelah ananda Alif Fikri Haikal yang lulus tahun 2014 menorehkan rekor lulusan saat itu dengan hafalan sebanyak 13 juz.


Prestasi pencapaian ini menebar pesan tersirat bahwa 30 juz ayat Al Qur'an mampu diselesaikan dalam rentang waktu 2 tahun oleh seorang anak seusia SMP. Ia membuktikan salah satu ayatnya bahwa, "Sungguh telah Kami mudahkan Al Qur'an untuk diingat, maka adakah yang mengambil pelajaran" (Al Qamar : 17)


Sungguh ia telah menyempurnakan ikhtiar. Rela untuk dibimbing dengan disiplin yang ketat. Bersabar saat sang guru marah karena meluruskan bacaan dan hafalannya yang kadang terpelintir salah. Bertahan di tengah banyak kawannya yang bisa menikmati banyak waktu luang dengan aneka ragam lakunya. 


Saat banyak temannya bermain, ia tetap bermesra dengan mushaf. Saat temannya berlibur, ia rela mengarantina diri dengan program hafalan yang menguras waktu dan pikiran.


Maka pantaslah Allah memberikan penghargaan tertinggi kepada makhluk-Nya, "Para Ahlul qur'an adalah keluarga Allah dan orang-orang istimewa-Nya" (H.R. Ahmad)


Ia telah menyempurnakan ikhtiarnya. Kini tugasnyalah menjaga amanah tersebut, mengejawantahkannya dalam amal. Dan menjadi inspirasi bagi orang-orang di sekitarnya. Karena iri hati yang berpahala, salah satunya adalah iri kepada ahlul qur'an


Are you one of them ?


Semoga Allah karuniakan barakah-Nya kepada para guru, orang tua, dan sekolah yang telah mengantarnya pada salah satu tapak jenjang ahlul Qur'an.


Ini baru satu tapak awalmu, Nak !


----------------


Di tengah lantunan bait-bait ayat-Nya yang bergema di sanding mihrab Masjid Al Furqon.


Tengaran, 23 November 2016