SMPIT NURUL ISLAM TENGARAN

Integrated Islamic Boarding School

Rekor Prestasi, Peringkat 1 Nasional Try Out UN JSIT 2017 Diraih oleh SMPIT Nurul Islam Tengaran

SMPIT Nurul Islam Tengaran -- Ungkap syukur terlimpah kepada Allah SWT. Hari ini segenap civitas akademika SMPIT Nurul Islam Tengaran membuncah kebahagiaannya saat mendengar kabar sukses meraih peringkat teratas dalam Try Out Ujian Nasional yang diselenggarakan oleh Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) tingkat nasional tahun 2017. Awal mendengar kabar tersebut, masih belum diyakini kebenarannya. Karena memang di luar prediksi dan belum pernah memperoleh peringkat teratas dalam penyelenggaraan Try Out JSIT selama ini.


Namun setelah Ustadz Sunarto selaku kepala sekolah mengkonfirmasi berita tersebut serta telah mendapat ucapan selamat dari berbagai pihak, semua guru yang mendengarnya akhirnya bisa mengucap syukur dengan penuh keyakinan.


Try Out JSIT Tingkat Nasional 2017 diselenggarakan pada 27 Februari hingga 3 Maret 2017. Dengan lima mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA, dan PAI. Diikuti oleh 129 sekolah berbasis IT se-Indonesia dengan jumlah peserta 8091 siswa.


175 siswa SMPIT Nurul Islam Tengaran tercatat mengikuti try out ini. Nilai rata-rata yang berhasil diraih adalah 79,58 poin. Dengan rincian Bahasa Indonesia 75,11 poin, Matematika 74,81 poin, Bahasa Inggris 80 poin, IPA 78,84 poin, PAI 89,15 poin. Peringkat kedua nasional berikutnya diraih oleh SMPIT Ibnu Abbas Klaten disusul SMPIT As Syifa Boarding School di peringkat ketiga.


Perolehan prestasi tersebut menggenapi success story para siswa angkatan ke-8 ini setelah beberapa waktu lalu dua orang siswa yaitu Hakam Arkam dan M. Zaki Ash Shidiqi sukses menyelesaikan hafalan Alqur'an 30 juz yang insyaallah juga masih akan disusul beberapa siswa. Juga seorang siswa M. Zaki Ash Shidiqi yang berhasil mendapat penghargaan nasional langsung dari Mendikbud setelah meraih Juara 1 Nasional Lomba Ki Hajar.


Semoga karunia ini adalah keberkahan dari ketulusan para guru serta kerjasama seluruh elemen tenaga pendidikan dan perjuangan para siswa SMPIT Nurul Islam Tengaran. Selamat. (red/umar)