SMPIT NURUL ISLAM TENGARAN

Integrated Islamic Boarding School

Santri Masuk Desa - Program Pengabdian Masyarakat

SMPIT Nurul Islam Tengaran -- Sebuah kegiatan yang biasa dihelat bulanan, namun biasanya hanya sebatas dilaksanakan di lingkungan pesantren dan bersama-sama. Malam Bina Iman dan Taqwa biasa disingkat MABIT. 


Namun kali ini, semua santri dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasar pembina atau musyrifnya. Masing-masing musyrif menentukan tempat pelaksanaan kegiatan MABIT sesuai musyawarah dengan santri binaannya. Diselenggarakan mulai Sabtu sore hingga Ahad siang, 28-29 Oktober 2017.


MABIT ini melibatkan seluruh santri SMPIT mulai kelas 7, 8 hingga 9 yang berjumlah sekira 300an. Tempat yang ditentukan oleh musyrif masing-masing ini tersebar hingga ke pelosok daerah. 


Mulai yang terdekat di Noborejo, Senjoyo, Tegalwaton hingga Kemetul, Bancak, bahkan keluar daerah. Yang pasti, semua menginap di masjid.


Dengan seizin takmir masjid dari masing-masing daerah, sambutan masyarakat luar biasa positif. Mendapatkan wejangan nasihat dari ketua takmir, hingga makanan pun dihidangkan oleh tuan rumah.


Rata-rata kegiatan pada malam hari adalah materi kajian, atau interaksi dengan Alqur'an. Pagi hari Ahad dimulai dengan membaca wirid Al Ma'tsurat. Dan berlanjut kegiatan yang mengakrabkan dengan masyarakat yaitu kerja bakti bersih-bersih, baik dalam masjid maupun lingkungan sekitar.


Kegiatan ditutup sesuai dengan agenda yang telah disusun oleh musyrif kelompok. Ada yang renang, hingga masak memasak. Inilah sumpah para pemuda, berbakti untuk masyarakat. Selamat hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017. (Humas/Umar)