SMPIT NURUL ISLAM TENGARAN

Integrated Islamic Boarding School

SMPIT & MA Nurul Islam Tengaran Mendapatkan Kunjungan Istimewa Dua Syeikh dari Suriah


Kab. Semarang -- SMPIT & MA Nurul Islam Tengaran untuk kesekian kalinya mendapatkan kunjungan kehormatan dari tamu-tamu internasional. Kali ini hadir ke pesantren dua tamu agung dari Suriah, Prof. Dr. Mahmud Syahadah, Guru besar Universitas Kuftaro Suriah, dan Syaikh Umar Muhammad Rajab Dieb tepatnya pada hari Ahad, 3 Desember 2017 atau 14 Rabiul awwal 1439 H.


Kehadiran beliau berdua dalam rangka memberikan ceramah dan taushiyah di hadapan seluruh pimpinan pesantren, para asatidz dan santriwan-santriwati, sebagai puncak rangkaian peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Selama kurang lebih dua jam sejak jam 08.00 pagi sampai jam 10.00 komplek Masjid Assalam penuh sesak dengan audiens.


"Mari kita jadikan pesantren ini sebagai pusat ilmu dan keislaman. Para santri sekalian hendaklan rajin dalam menuntut ilmu menghafal alquran dan hadis Rasulullah saw", kata Syeikh Mahmud Syahadah dalam taushiyah.


Hadir dalam kesempatan itu H. Muh. Haris, SS. M.Si, selaku ketua dewan pembina pesantren, dan juga ketua yayasan Sabilul Khoirot, Ust M. As'ad Mahmud, Lc. Sedangkan dalam menyampaikan ceramahnya beliau di dampingi penerjemah Ust Lutfi Hakim, Lc, kepala bidang kerja sama kelembagaan Pesantren.


Sedangkan Syeikh Umar Muhamamd Rajab, sebelum memimpin doa penutup acara juga berpesan bahwa doa itu hanya akan diijabahi jika kita sungguh sungguh dalam berusaha. Beliau memimpin doa yang khusyu sebagai bekal para santri menghadapi ujian semester.


Di akhir acara, beliau berdua memberikan kenang kenangan buku buku dan kitab tentang tauhid dan dzikir untuk perpustakaan pesantren.


***


Berikut ini resume taushiyah Syaikh Mahmud Syahadah :


1. Kalian adalah anak-anak pilihan untuk belajar di pondok ini. Allah memilih kita untuk menuntut ilmu dan menjadi khalifah di bumi allah.

2. Sebaik- baik orang yang berjalan dimuka bumi adalah para pencari ilmu. Allah berfirman, "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (Qs. Al-Mujadilah: 11)


3. Dalam Hadits juga Nabi Muhammad SAW Bersabda :

 “Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan jalannya menuju Surga. Sesungguhnya para Malaikat membentangkan sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu karena ridha atas apa yang mereka lakukan. Dan sesungguhnya orang yang berilmu benar-benar dimintakan ampun oleh penghuni langit dan bumi, bahkan oleh ikan-ikan yang berada di dalam air.

HR. Abu Dawud


4. Orang yg menuntut ilmu derajatnya diatas orang yg mati syahid, karena tinta yg senantiasa digoreskan ketika belajar/menuntut ilmu di akhirat kelak ditimbang lebih berat dibandingkan darah yg keluar dari para Syuhada.

5. Apa yg dicari saat mencari ilmu ? Dan kewajiban setelah lulus?,

Jawabanya adalah Mencari Ridha Allah SWT sehingga apa yg kita pelajari bermangfaat bagi orang lain.


6. Siapa makhluk yg paling mulia disisi Allah?. Adalah Nabi Muhammad SAW. Kenapa Rasulullah menjadi orang yang paling mulia?, Karena Rasullah Paling banyak bermanfaat bagi orang lain.


7. Hapalkan Satu hari satu hadits dan satu ayat. Insya Allah kalian bisa menjadi Hafidz sehingga tanpa terasa bisa mengkhatamkan seluruh Al-Qur'an.


8. Hormatilah guru-gurumu sehingga kalian mendapat keberkahan dalam mencari ilmu.