SMPIT NURUL ISLAM TENGARAN

Integrated Islamic Boarding School

Zaki Raih Juara 1 Nasional Lomba Ki Hajar

Jakarta - Kuis Ki Hajar adalah event tahunan yang diselenggarakan oleh Pustekkom Kemendikbud dan diikuti oleh seluruh pelajar Indonesia.

Kuis ini bertujuan memotivasi siswa untuk memanfaatkan TIK dalam pembelajaran, meningkatkan kompetensi siswa melalui pemanfaatan TIK dan memfasilitasi siswa untuk unjuk prestasi.

Pada 20 November 2016, Muhammad Zaki Ash Shidiqi mendapat pembekalan dari BPTIKP Jawa Tengah sebagai penyelenggara kuis di tingkat provinsi untuk berikutnya maju ke tingkat nasional pada tanggal 22 November 2016 yang lalu. Selama di sana peserta dibekali dengan pembinaan materi dan sharing pengalaman dengan pemenang kuis pada tahun sebelumnya. 

Kontingen Jawa Tengah yang terdiri dari seorang siswa SD, dua siswa SMP, dan seorang siswa SMA, kemudian bertolak ke TMII Jakarta untuk mengikuti Kuis Ki Hajar tingkat nasional dengan didampingi oleh staf BPTIKP Jawa Tengah. Di tingkat nasional, Zaki bersama perwakilan dari provinsi lain menjalani tiga jenis lomba; yaitu tes akademik, inspiring people, dan funtastic me yg dilaksanakan selama tiga hari. Tes akademik merupakan tes yang menguji kemampuan peserta dalam menjawab soal-soal yang berhubungan dengan mata pelajaran. Seluruh peserta menjawab 50 nomor soal dengan sistem CBT (computer based test). Zaki ternyata mampu menjawab 42 nomor soal. 

Cabang berikutnya yaitu Inspiring People. Disini, peserta diharuskan menceritakan tokoh idolanya dan disajikan dalam media presentasi audio visual. Mengambil judul My Mom is The Most Inspiring People, ananda Zaki memilih ibunya sebagai tokoh inspiratif. Dengan menggunakan media power point dan video pendek yang telah disiapkan sebelumnya, Zaki bercerita betapa sosok ibu sangat menginspirasinya. Zaki begitu percaya diri dalam menyampaikan materi.

Hari berikutnya para peserta mengikuti acara _Funtastic Me_. Peserta dibagi dalam beberapa kelompok kecil, setiap kelompok harus bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi. Peserta dituntut untuk bisa berbaur dan berkomunikasi serta menjalin hubungan yang baik dengan anggota kelompoknya. Penilaian berdasarkan karakter peserta dan keaktifannya dalam berkelompok. Zaki sempat khawatir karena merasa bukan anak yang supel dan mudah bergaul.

Dan akhirnya hari Jumat lalu 25 November 2016, salah satu siswa SMP IT Nurul Islam Tengaran ini berhasil mengharumkan nama sekolah di tingkat nasional. Diiringi doa orang tua, ustadz-ustadzah, dan teman-temannya, Muhammad Zaki Ash Shidiqi melangkah dengan percaya diri menyingkirkan kekhawatirannya dan berhasil meraih Juara Pertama dalam ajang Kuis Ki Hajar 2016 tingkat nasional.

Selamat ananda Zaki, telah menghadiahkan kabar gembira kepada sekolah dan orang tua.