SMPIT NURUL ISLAM TENGARAN

Integrated Islamic Boarding School

Pasca Try Out UN ke-4, Siswa Kelas 9 Menikmati Outbond Training

Kab. Semarang -- Setelah menjalani Try Out Ujian Nasional (UN) ke-4 pada 11-12 Januari 2017, siswa kelas 9 SMPIT Nurul Islam Tengaran mendapatkan kesempatan ber-refreshing dengan menjalani Outbond Training di Gemolong, Sragen. Acara ini adalah wujud kegiatan penyeimbang dalam tiga aspek yang diprogramkan bagi siswa kelas 9 yaitu aspek fikriyah, ruhiyah, dan jasadiyah. Aspek fikriyah berupa pembelajaran reguler dan Try Out UN. Aspek ruhiyah berupa pembiasaan ibadah dan training motivasi. Sedang outbond training inilah perwujudan dari aspek jasadiyah.

Mengambil tema "Together We Make It Excellent", outbond training diselenggarakan pada Sabtu (21/1) di lokasi wisata Waterboom Kwangen Indah yang terletak di Gemolong, Sragen. Kepala Sekolah, Ustadz Sunarto, S.Ag berlaku sebagai penanggungjawab kegiatan, dan dikoordinasi oleh Koordinator UN Ustadzah Dewi Uswati, S.Pd bersama Tim Sukses UN : Rendy Pamungkas, S.Pd, Djoko Setiawan, S.Pd, Widdatul Fidqiyah, S.Pd, Sulistiyorini, S.Pd, Ida Pramuwasti, S.Pd dan Siti Yulaikah, S.Pd. Sedang trainer outbond sebagai team leader adalah Ustadz M. Sundomo Mariyo, S.Sn.

Bersama 175 siswa dan siswi sebagai objek, outbond training menyajikan berbagai game yang memiliki tujuan masing-masing dalam usaha pembentukan karakter anak. Ada Magic Stick  yang menyampaikan pesan tentang pentingnya memilih pemimpin dalam kelompok. Berikutnya game Pemadam Kebakaran yang menyampaikan pesan tentang pentingnya menjaga amanah yang mesti tetap dijalani seberat apapun. Ada pula Estafet Air yang menekankan keharusan memberikan kontribusi dalam kerja tim. Dan Estafet Belut mengajarkan untuk melawan segala rasa takut yang tidak pada tempatnya.

Usai outbond, para siswa menyimak taushiyah dari Ustadz Sunarto selaku kepala sekolah dan penanggugjawab kegiatan. Beliau menyampaikan pesan agar para siswa memiliki semangat yang terjaga keistiqomahannya. Kesuksesan yang menjadi cita-cita para siswa yang dimaksud adalah kesuksesan kolektif atau bersama, sehingga saat sebagian siswa kesulitan memahami materi, siswa yang memiliki kemampuan bersedia membantu mereka, maka terwujudlah kesuksesan dengan saling membahu bantu-membantu. Pesan terakhirnya adalah dengan saling membantu atas izin Allah kesuksesan yang telah ditoreh oleh angkatan-angkatan sebelum mereka kembali diraih pada Ujian Nasional 2017 ini.

Outbond diakhiri dengan pembagian doorprize dari berbagai game yang telah dilalui para peserta. Yang menakjubkan ternyata terdapat 11 siswa yang tetap melaksanakan puasa daud meski melalui seluruh proses outbond yang tentu sangat menguras energi. Berkah Allah untuk mereka, maka mereka pun juga turut mendapatkan doorprize.

Acara outbond training yang seru dan menyenangkan ini ditutup dengan doa, dan sore itu seluruh peserta juga panitia kembali pulang ke sekolah sembari menikmati tadabbur alam sepanjang perjalanan dari Sragen dan tiba di sekolah dengan selamat. Semoga menjadi inspirasi kesuksesan Ujian Nasional 2017. (red/umar)