SMPIT NURUL ISLAM TENGARAN

Integrated Islamic Boarding School

SEJARAH

Berawal dari sebuah yayasan yang bernama Sabilul Khoirot, yang didirikan oleh KH. Zainal Mahmud pada tahun 1974. Yayasan tersebut memiliki pondok pesantren yang kemudian dikenal dan diminati oleh masyarakat sehingga dalam setiap tahunnya terus berdatangan santri-santri baru untuk mendaftarkan diri. Awalnya pesantren ini masih menggunakan pengelolaan manajemen berbasis kyai dan belum tertata dengan sistem pengelolaan modern.

Tepat pada tahun  1999/2000 berdiri sebuah lembaga pendidikan kanak-kanak yang bernama Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TK IT) Nurul Islam bernaung di bawah Yayasan Sabilul Khoirot. TK IT ini berhasil menarik minat masyarakat untuk mendaftarkan anaknya di tempat itu. Sehingga yayasan ini memutuskan untuk mendirikan lembaga pendidikan dasar untuk jenjang berikutnya yaitu Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Nurul Islam yang berdiri pada tahun 2001.

Ternyata SD IT ini pun juga mendatangkan banyak peminat dengan mengaplikasikan sistem full day school atau belajar sehari penuh. Tahun 2007 berdiri lembaga pendidikan tingkat lanjut yaitu Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Nurul Islam Tengaran juga berada di bawah Yayasan Sabilul Khoirot. Dengan melihat fakta bahwa kebanyakan sekolah menempatkan mata pelajaran agama serta pendidikan akhlak pada kedudukan rendah di bawah mata pelajaran umum, maka berdirilah SMP Islam Terpadu Nurul Islam Tengaran ini untuk hadir memberikan solusi atas permasalahan tersebut.

Pihak yayasan menyadari bahwa bekal moral atau akhlak itu jauh lebih penting menjadi bekal anak di masa mendatang, dibanding hanya mengedepankan kecerdasan intelektual semata.

Namun tak serta merta visi SMP IT Nurul Islam melupakan sisi pemberdayaan intelektual anak dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. SMP IT ini telah jauh memikirkannya dengan mengintegrasikan kurikulum pendidikan nasional dengan kurikulum ‘ulum syar’i atau mata pelajaran agama. Maka SMP IT ini ingin bersaing dalam kompetisi intelektual dengan menjadi sekolah rujukan bagi sekolah negeri maupun swasta di Jawa Tengah, dan mampu menjalin komunikasi dengan dunia internasional. Dan harapannya adalah alumni yang mampu mengintegrasikan IMTAQ dan IPTEK dalam kepribadiannya.