Pasca PTS, SMPIT Nurul Islam Tengaran Gelar NURIS FAIR 2021

Agenda tahunan OSIS SMPIT Nurul Islam Tengaran, NURIS FAIR (NF) kembali digelar. Sejatinya Nuris Fair diadakan pada bulan Desember tahun 2020. Namun, karena pandemi COVID - 19, kegiatan ini harus ditunda pelaksanaannya hingga tahun ini. NF kali ini berlangsung pasca Penilaian Tengah Semester Genap pada tanggal 10 – 13 Maret 2021. Kegiatan dibuka oleh Kepala SMPIT Nurul Islam Tengaran, Ustadz Sunarto, M.Pd. dilanjutkan berbagai macam perlombaan yang sudah disiapkan oleh para panitia.

“Create Creativity and Find Solidarity” adalah tema yang diangkat pada NF kali ini. Dibalik tema tersebut, panitia berpesan kepada seluruh siswa untuk berani menunjukkan kreativitasnya, menggali potensi – potensi yang dimiliki, dengan tetap menjunjung tinggi nilai – nilai solidaritas, kerjasama dan kesetiakawanan dalam mengikuti setiap perlombaan yang ada. Sesuai dengan tema tersebut, perlombaan – perlombaan yang diadakan pun, benar – benar menuntut kreativitas dan kekompakan siswa. 

Perlombaan yang menuntut kreativitas siswa diantaranya, batik jumputan, di mana peserta harus mewarnai kain polos yang disediakan menggunakan pewarna batik. Reucle Class adalah lomba menghasilkan karya yang dibuat dari barang bekas, berdasarkan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Ada pula kompetisi roket air, dimana juara ditentukan dari seberapa jauh roket air bisa meluncur. Dalam perlombaan ini, peserta harus bisa menentukan desain roket yang tepat, banyaknya air yang digunakan hingga kemiringan peluncur agar roket bisa meluncur dengan baik. Perlombaan yang menuntut kekompakan pun tak kalah menarik. Seperti misalnya, bakiak race atau balap bakiak, badminton, bolavoli, dan tarik tambang. Serta perlombaan senam asyik, dimana perwakilan dari tiap kelas menirukan atau mengikuti gerakan – gerakan senam yang ditayangkan oleh panitia. 

Tak hanya itu, perlombaan – perlombaan yang mengasah otak juga disiapkan. Sebagai contoh, rubiks cube  dan  follow the instruction. Follow the instruction adalah lomba dimana peserta harus menyusun balok – balok UNO Stacko, berdasarkan urutan tertentu yang sudah dibuat oleh panitia. Peserta harus benar – benar mengingat, layer demi layer agar sesuai dengan petunjuk.

Dalam NF kali in pun turut dimeriahkan dengan pameran hasil karya siswa dari mata pelajaran SBK dan Prakarya. Karya yang dipamerkan dari mapel SBK diantaranya lukisan pada kanvas, lukisan pada panan talenan, ukiran pada sabun, dan berbagai ragam hias. Dari mapel prakarya, ditampilkan produk – produk dari pemanfaatan barang bekas, berbagai kreasi dari kain flanel, serta model penyaringan air menggunakan arang dan pasir. Ada pula produk dari salah satu guru prakarya yang turut meramaikan pameran hasil karya siswa berupa kincir air yang berbahan dasar bambu. 

Puncak Nuris Fair akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Maret dengan agenda PBB Indah. Acara inilah yang selalu ditunggu oleh para siswa. Setiap peserta perwakilan dari tiap kelas telah menyiapkan lomba ini jauh – jauh hari sebelumnya. Berlatih setiap hari agar dapat tampil kompak dan menunjukkan sisi  keindahan dari baris berbaris. Berbagai macam atribut dan yel – yel pun disiapkan untuk menambah semangat.

Pandemi Covid-19 memang telah memaksa para siswa dan penyelenggara untuk beradaptasi dengan kebiasan baru. Bahkan dalam event nuris fair kali ini pun harus menerapkan standar protokol kesehatan dalam setiap perlombaan. Namun semua itu tak menghalangi semangat para siswa dalam unjuk kebolehan, unjuk kreativitas dengan senantiasa menjunjung tinggi nilai – nilai solidaritas.